Minggu, 20 Januari 2013

Mengatasi batuk dan muntah pada anak

Bingung ya bu kalo anak batuknya susah sembuh? Saya punya pengalaman pusingnya mengobati anak saya yang kalau batuk pasti disertai muntahan makanan. Kasian liat si kecil muntah apalagi makanan yang dia muntahkan susah payah hasil segala bujuk rayu untuk bisa masuk di mulutnya. Karena anak saya ini gak nafsu makan.
Dengan 3 dokter saya mendiskusikan keluhan anak saya ini. Dalam kasus pertama kunjungan saya kedokter dalam kondisi anak demam, dokternya bilang mungkin karena anak tidak bisa mengeluarkan dahak anak menjadi muntah. Jawaban dokter inilah yang jadi jawaban saya ketika "Abah"nya ngomel "anak batuk selalu muntah, apa ga kasian?? bawa kedokter". Panjang lebar ngomelnya saya tidak mau peduli. Kedokter sudah, antibiotikya saja belum habis saya kasih. Saya tidak mau selalu langsung mengunjungi dokter tatkala demam. Karena saya pernah bekerja di industri farmasi, sedikitnya saya tahu kapan harusnya obat-obatan dengan resep dan antibiotik harus diberikan. Ada ibu yang jika anaknya sakit langsung memberi obat dengan merk "P..." dengan kandungan zat aktif ibuprofen didalamnya dengan kisaran HET 20rb. Dulu tersebut tergolong obat keras tak bisa dijual bebas tanpa resep. Memang obatnya manjur tapi saya takut imun anak saya jadi terganggu. Pernah saya nonton  tayangan di tv tentang penjelasan kapan sebetulnya anak perlu dibawa kedokter. Dokternya menjelaskan adanya demam pada anak merupakan suatu reaksi tubuh anak terhadap adanya benda asing yang masuk ketubuhnya. Imun tubuh secara otomatis mempertahankan daya tahan tubuh dengan gejala demam. Jika kondisi dayatahan anak lemah maka dibantulah dengan obat-obatan dan antibiotik.
Tapi setelah antibiotik habis anak saya tetap masih mengalami batuk muntah.
Kedokter berikutnya saya hanya memeriksakan kondisi muntah pada saat batuknya saja pada dokter, "malah akhir-akhir ini dok tertawa atau nangis yang terlalu pun menyebabkan anak saya muntah, kalau disuruh makan susah banget". Dokter hanya bilang itu batuk biasa dan hanya diberi resep. Tadinya saya khawatir harus dilakukan pemeriksaan Lab. Nota resep senilai Rp.280.000 untuk penyakit batuk biasa dengan harga yang saya cek HETnya diluar biasa.
Nah kunjungan ketiga kalinya anak saya masih batuk muntah dan disertai diare. Diare sembuh tapi frekuensi BABnya jadi lebih sering, sampai 3xsehari. Batuk muntah masih juga. Saya sudah stress.. berbagai obat dan antibiotik yang beraneka ragam. Kasian anak saya minum obat terus. Cara alami seperti air jeruk nipis yang diencerkan dengan air dan madu, rebusan jahe yang saya beri gula merah, sudah rutin juga saya berikan. Tapi masih belum ada hasilnya. Nyari-nyari jawaban ada salah satu artikel yang membuat saya merenung setelah baca artikel ini. Tak pernah saya dapatkan sebelumnya informasi tentang gejala cacingan diawali dengan muntah dan batuk. Setahu saya hanya tidak nafsu makan atau lemas. Tidak nafsu makan mungkin ya, tapi kalau lemas? saya merasa anak saya gak ada lemasnya. Malah saya yang sering ngeluh lemas mengejar anak saya. 
Saya memutuskan untuk mencoba obat cacing. Tadinya ingin memberikan alternatif yang alami dulu yaitu air sari wortel santan dan garam. Tapi anak saya enggan meminumnya, kakak saya bilang gak enak pasti makanya dia gak mau. Tapi saya dan suami coba enak kok, gurih banget. Trus kakak bilang "ya udah kalian aja yang minum biar gak cacingan".
Nah sampai pada keputusan "udah a kita beli obat cacing aja, da usianya udah lebih 2tahun". Terkejut sekali dia memang tidak  batuk atau muntah lagi. BAB normal, dan yang paling bikin seneng makannya lahap banget sampai tetangga bilang anak saya sekarang hidungnya tambah gak kelihatan.

42 komentar:

  1. obat cacing merek apa bu????sya juga baru bingung ank ku juga baru batuk muntah udah 4bln gak sembuh2,,,mohon informasinya bu...085643217517 ariyanto

    BalasHapus
  2. Obatnya obat cacing untuk anak yang banyak dijual di apotik Pak. Selamat mencoba semoga anak bapak lekas sembuh. Dan jangan lupa kalau kesembuhan hanya akan datang dari kehendak Tuhan.

    BalasHapus
  3. Kl anak ibu minum obat cacing merk "Comb**** ato yg lain?
    Danang

    BalasHapus
  4. biasanya obat cacing di minm brapa bulan sakali bu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 bln sekali pak, dan harus diatas 2 tahun. perlu didiskusikan juga ke dokter jika anak bapak mengkonsumsi obat kaki gajah yg dibagikan oleh posyandu setempat. Karena itu salah satu obat cacing juga, dan saya tidak tahu bisa beserta obat cacing seperti combt**** dalam 6 bln yang sama

      Hapus
  5. kalok usia 15 tahun minum obat apa?
    saya sudah 2 minggu lebih batuh sama muntah gak sembuh sembuh?

    BalasHapus
  6. adik saya udah 2 minggu lebih, setiap malam kumat batuk kemudian muntah. setiap mlm memang suka keringatan, jd sehabis keringatan kumat. apa cacingan juga ? mkasih.

    BalasHapus
  7. obat cacing nya jenis apa ya? obat cancing yang bermerk atau obat cacing yg utk org kena gejala tipes itu bu? mohon infonya 081257236016

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat cacing yg bermerk bu. Bukan yg utk sakit tipes.

      Hapus
  8. anak saya juga batuk disertai muntah ditambah ga mau makan :( tapi anak saya masih 7 bulan,boleh ga diberi obat cacing?

    BalasHapus
  9. Kl untk bayi 1 thn gmn ap blh dbrikn obt cacing?

    BalasHapus
  10. Kl untk bayi 1 thn gmn ap blh dbrikn obt cacing?

    BalasHapus
  11. Ibu, terimakasih atas postingannya. Saya belakangan memang sangat pusing karena anak selalu batuk2 panjang dan muntah (kurang lebih setengah bulan). sudah tiga kali di bawa ke rumah sakit dengan semua obatnya yang sangat banyak itu. tapi juga gak sembuh2. setelah baca postingan ini, saya mencobanya. alhamdulillah anak saya sekarang sudah sangat membaik; batuknya menjadi jarang dan tidak muntah2 lagi. alhamdulillah. terimaksih ibu ya.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Terima kasih ibu atas sharingnya. Saya batuk2 kering awalnya, lalu berdahak kurang lebih dua minggu. Kemudian seminggu berikutnya batuk2 disertai muntah bila makan berlebihan.

    Setelah saya baca sharing ibu di atas, besok paginya saya minum obat cacing dewasa dua biji.

    Hari itu ternyata batuk langsung berkurang dan muntah2nya berangsur-angsur hilang.

    Tapi sangat dianjurkan berobat ke dokter paru supaya dapat penanganan medis seperti periksa dahak, darah, dan rontgen dada.

    Hasil rontgen saya ternyata terkena penyakit bronkitis karena sering batuk hingga berdahak dan muntah. Saya mesti lanjutkan minum obat dari dokter untuk pemulihan.

    Terima kasih ibu atas sharingnya. Salam.
    Pace e bene.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senang bisa membantu, semoga lekas sembuh.

      Hapus
  14. Anak sya Baru 3thn 1bulan, Haduhh Udh Mau 1bulan batuk2 malam nya blm sembuh2 pdahal Sdh coba ramuan ini itu sma di bwa ke DR, sblm ke Dr Batuk+mual/mau muntah (tapi Tdk muntah/keluardahak) setelah ke Dr Harus di Cek darah + Rontgen tpi blm di lakukan(nunggu habis obat'nya dlu) Skrng batuk nya Malah di sertai Muntah(keluar dahak kental).. Trmksih Info nya Bu, besok sya akn coba kasih obat cacing.. @TerjagaDisampingJagoanYgLgisakit

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Wuuaaah bagus banget niiih postingannya,,,,,mkasih ya bu/pa,,saya udah bingung anak saya d kasih obat apa.kasian..batuk muntah terus...
    Saya akan coba pake obat cacing mudah2an sembuh sperti anak ibu&bpa yaaa.....

    BalasHapus
  17. Wuuaaah bagus banget niiih postingannya,,,,,mkasih ya bu/pa,,saya udah bingung anak saya d kasih obat apa.kasian..batuk muntah terus...
    Saya akan coba pake obat cacing mudah2an sembuh sperti anak ibu&bpa yaaa.....

    BalasHapus
  18. Wuuaaah bagus banget niiih postingannya,,,,,mkasih ya bu/pa,,saya udah bingung anak saya d kasih obat apa.kasian..batuk muntah terus...
    Saya akan coba pake obat cacing mudah2an sembuh sperti anak ibu&bpa yaaa.....

    BalasHapus
  19. mom,obat cacing diberikan stlh anak sembuh dari batuk atau tidak?..misalkan sdg minum obat batu apakah tdk apa2 kalau dibarengi dgn pemberian obat cacing?

    BalasHapus
  20. Mo,saya mau tanya . Anak saya baru um 12bln, dia akhir" hampir 1bulan lebih dia sering batuk setiap malam dan kadang saat aktivitas . Tapi kadang batuk sekaligus mutah mom, terus dia asupan makan kurang . Setiap saya kasih makan di selauruh dilepeh mom ga mau ditelan, di icip aja gt terus dikeluarin mom. Apa itu gejala cacingan? Obat nya apa ya mom untuk um segt

    BalasHapus
  21. Tolong dibales mom ya :(. Jika da info hub saya mom di pin5990F606. Saya tinggal dihaurgeulis indramayu mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu disukusikan dengan dokter terlebih dahulu, obat cacing tidak dianjurkan untuk anak dibawah 2 tahun. Batuk mungkin juga berasal dari penyakit lainnya seperti komentar @SY MELKI SP diatas yang menderita penyakit dalam. Saya mengambil tindakan obat cacing karena anak saya telah melalui pemerikasaan rotgen dll tidak ditemukan ada kelainan.

      Hapus
  22. Anak saya umur 3 thn sering muntah apabila batuk dan sering kali pada saat tidur malam, kasihan kalo muntah sampai keluar dr hidung dan sulit bernafas, semoga dgn tulisan ibu ini bermanfaat buat anak saya, jazakumullah khairan katsiran

    BalasHapus
  23. Anak saya umur 3 thn sering muntah apabila batuk dan sering kali pada saat tidur malam, kasihan kalo muntah sampai keluar dr hidung dan sulit bernafas, semoga dgn tulisan ibu ini bermanfaat buat anak saya, jazakumullah khairan katsiran

    BalasHapus
  24. Anak saya 1 tahun..sering batuk kemudian muntah..gmn cara atasinya y

    BalasHapus
  25. Anak saya 2th 4bln kemarin juga mengalami batuk muntah, sudah ke dokter langganan biasanya sembuh tapi ini udah habis obat tetap saja berlanjut batuk muntahnya, dulu banget saya pernah baca blog anda ini, alhamdulillah setelah saya beri obat cacing itu bisa berhenti juga batuk muntahnya.
    Untuk anda yg menulis blog ini terimakasih banyak sharingnya ya, semoga anda selalu dilimpahi rezeki yg barokah dan dimudahkan segala urusannya aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu mhon maaf anaknya udah pernah rontgen belum?terimakasih

      Hapus
  26. apakah obat cacing tdk apa2 dikonsumsi tiap hari,,,habis sy liat di anjurkan hanya 6bln sekali,,tlngpencerahanx

    BalasHapus
  27. permisi bu saya mau tanya obat cacing yg di berikan merek apa ya bu..tlong infokan ke nmer saya 085272242224
    teromakasih senelum nya bu...
    smoga apa yg anda bagikan bermanfaat buat orang banyak dan berlimpah pahalanya..amiinn

    BalasHapus
  28. Mungkin bisa ditambah lagi diberikan mainan kesayangan kadang dari pikiran senang bisa membuat anak lebih cepat sembuhnya, yg sabar ya para ibu dan ayah yg sedang menangani putra putri tercintanya, makasih juga yg udah buat postingan ini dan saya juga ingin mencoba alternatif lain kalau obat cacing tidak memecahkan masalah, coba konsumsi LAMANDEL yg bungkusan jangan yg botolan. Thx

    BalasHapus
  29. Terima kasih banyak bunda tas sharing nya, nti ku cba aku n anakku lgi batuk muntah soalnya, smoga mujarab yaah bund.. Amiin..

    BalasHapus
  30. Maaf mba... Saya ibu muda.. 23 thun.. Anak saya umur nya 1.9 tahun..pagi2 dia bangun ngeluh perut sakit trus pas aku bawa ke kamar mandi dia.a mencr*t.. Batuk terus sampe muntah pilek melulu... Dikasih makan apapun sllu nunjuk2 perut nya.. Ga mau makan... Susu pun 180 ml biasa habis cuma stegah doank.. Kira2 anak saya sakit batuk pilek biasa atau cacingan mungkin??? Tolong mba.. Saya sangat panik

    BalasHapus
  31. Klw anak 11 bulan apa boleh minum obat cacing bun?
    Anak saya batuk di sertai muntah , tp muntah nya tu seperti air susu,
    Bantu bun apa obat nya yg bagus utk anak saya

    BalasHapus
  32. Klw anak 11 bulan apa boleh minum obat cacing bun?
    Anak saya batuk di sertai muntah , tp muntah nya tu seperti air susu,
    Bantu bun apa obat nya yg bagus utk anak saya

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum bun,anak sy umur 3,8 th kembar batuk munth udh 2 bln,udh cek 2 dr,tes mantok rongsen(hasil phomia)udh d opnam sembuh seminggu stlh pulng btuk lg smpai skrng dn muntah,obat cacingny merk ap y bun smg ini mnjadi wasilah kesembuhn ank saya tlng wa ke nmr sy wa.083875191350 semoga berkenan wa sy krn sudah nggk tega ngasih o
    bat batuk dn antibiotik terus udh 2 bln tp msh batuk trrus

    BalasHapus
  34. Anak saya akhir akhir ini juga batuk disertai muntah tetapi kalau malam hari saja, batuk sm muntah nya, saya akan coba minum kan obat cacing pada anak saya. Semoga saja betpengaruh .

    BalasHapus
  35. kalau masih kadsng batuk juga coba kalau pagi apa sore sering dibawa ke pantai.. anak saya skrg khamdalah sdh ndak sering batuk² lagi

    BalasHapus
  36. Alhamdullilah.. mudah-mudahan anak saya sembuh.. berkat tulisan dan informasi ibu.. terimakasih sudah mau berbagi ilmu.. saya akan coba dengan anjuaran ibu.

    BalasHapus
  37. MLM buk.
    Saya mau tanya.
    Ank saya kalo batuk selama 5menit berhenti lalu batuk lagi.kalo malam juga batuk selama 5menit berhenti lalu batuk lagi jga muntah2 kalo di MLM hari.mohon solusinya bu

    BalasHapus